IPA sebagai asosiasi yang memiliki tujuan untuk menjembatani Pastry Bakery Indonesia agar menjadi harum di mata dunia. Untuk mewujudkan impian tesebut, diselenggarakanlah IPA Championship 2017 yang bekerja sama dengan SIAL Interfood. Berbagai kompetisi diadakan dan diikuti berbagai insan yang mendalami bidang pastry bakery. Mulai dari profesional, masyarakat bahkan mahasiswa. Semua ini dilakukan sekaligus untuk mengasah kemampuan para peserta lebih lagi.

IPA Championship berlangsung mulai dari tanggal 22-25 November 2017 kemarin. Acara dimulai dengan antusiasme peserta yang luar biasa. Diawali dengan pembukaan dari Chef Rahmat Kusnedi sebagai president of IPA yang berisikan tentang briefing untuk para peserta. Beliau juga menyatakan bahwa IPA Championship memiliki tujuan spesifik yaitu ingin seluruh insan Indonesia selalu bergerak maju dalam dunia pastry bakery sehingga dapat membawa nama Indonesia menjadi lebih baik melalui pastry bakery di mata dunia.

Hari pertama dimulai dengan perlombaan Junior Chef Challenge yang diikuti oleh para mahasiswa dan beberapa Chef yang profesional. Dilanjutkan dengan hari kedua yaitu Oleh-Oleh Competition yang terlebih dahulu sudah diadakan babak penyisihan di 3 kota yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Bali. Oleh-Oleh Competition di sponsori oleh US Ingedients dan tidak akan berjalan lancar dukungan dari mereka. Hari selanjutnya adalah Kompetisi Jajanan Pasar yang disponsori oleh RoseBrand. Dengan menggunakan bahan baku dari RoseBrand, para peserta harus menyulap bahan baku tersebut menjadi kue yang lezat. Tidak hanya perlombaan Jajanan Pasar saja, pada hari ketiga dilaksanakan perlombaan Dress the Cake, dimana para peserta harus mendisplay kue yang telah mereka hias dengan cantik. Hari terakhir adalah perlombaan Indonesia Baker Challenge yang diikuti para profesional  untuk membuat hasil yang terbaik agar mendapatkan juara.

Acara ditutup dengan kemeriahan penembakan confetti dan juga harapan agar Indonesia bisa lebih maju lagi dalam bidang pastry dan bakery.